7 Serum Bakuchiol yang Lagi Hype di Indonesia

Bicara mengenai skincare, sekarang ini ada banyak sekali jenis produk yang bisa dipilih. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, bakuchiol menjadi kandungan produk perawatan yang tengah naik daun. Bahkan beberapa brand lokal pun ikut memproduksi serum bakuchiol yang semakin menambah hype di Indonesia.

Akan tetapi, seberapakah Anda tahu mengenai bakuchiol? Apakah aman untuk digunakan sebagai bahan perawatan kulit? Agar Anda lebih mengenal tentang bahan skincare yang satu ini, mari simak penjelasan yang telah kami rangkum berikut.

Apa Itu Bakuchiol?

Melansir dari laman Byrdie, bakuchiol merupakan sebuah ekstrak yang berasal dari tanaman babchi atau nama latinnya Psoralea corylifolia. Di dalam ekstrak ini menggandung fenol yang melimpah. Terutama jika bakuchiol diekstrak dari biji tanaman babchi daripada bagian daunnya.

Tanaman babchi sendiri sering digunakan sebagai bahan herbal dalam pengobatan aryuveda di India. Bahkan juga sering digunakan sebagai obat tradisional untuk beragam penyakit di dataran China. Meski begitu, bakuchiol baru digunakan secara komersial sebagai bahan obat pada tahun 2007.

Manfaat Serum Bakuchiol untuk Kulit Wajah

Bakuchiol sering disebut dengan ekstrak yang kaya akan antioksidan, anti-inflamasi, serta antibakteri. Hal ini membuat serum dengan bakuchiol memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari iritasi. Juga mencegah sel-sel kulit wajah mengalami kerusakan akibat polutan yang menyebabkan munculnya kerutan di wajah.

Hasil sebuah penelitian bakuchiol di British Journal of Dermatology, yang terlansir dalam laman Harvard Medical School yang mengujikan 44 peserta yang diminta untuk memakai serum dengan kandungan bakuchiol selama 12 minggu. Setelah pemakaian, garis-garis halus serta kerutan mulai memudar, kulit wajah mereka juga jadi lebih halus.

Tak hanya itu, bakuchiol juga terbukti bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen dan membuat proses regenerasi sel lebih cepat. Membuat kulit wajah lebih kenyal dan elastis serta tampak lebih muda. Menariknya lagi serum ini juga efektif untuk mengatasi masalah kulit yang berminyak dan berjerawat.

Dilansir dari Everyday Health, 13 peserta dengan masalah kulit berjerawat diminta untuk memakai serum bakuchiol dalam beberapa minggu. Hasilnya bekas luka akibat jerawat dikulit wajah mereka mulai berkurang. Terlebih untuk kulit dengan kondisi bekas jerawat yang meninggalkan bintik hitam.

Serum Bakuchiol vs Retinol, Mana yang Lebih Baik?

Retinol atau bakuchiol kedua zat tersebut memiliki manfaat yang dapat meregenerasi kulit dan mencegah munculnya penuaan dini. Sehingga membuat banyak orang yang mulai membandingkan keduanya. Namun, sebenarnya manakah yang lebih baik dan aman jika digunakan untuk perawatan?

Seperti yang sudah kita tahu jika bakuchiol diekstraksi dari tanaman herbal babchi sehingga bisa dikatakan bila ini terbuat dari bahan alami. Sementara retinol merupakan zat yang dibuat dari vitamin A atau sering juga disebut sebagai bentuk hewani dari vitamin A.

Retinol telah lebih dulu terkenal akan manfaatnya dalam dunia kecantikan. Melansir dari Healthline, retinol yang meresap di lapisan bawah kulit akan membantu meningkatkan produksi elastin dan kolagen. Sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih kencang. Selain itu, juga akan membuat kerutan, gari-garis halus, dan pori-pori besar memudar.

Tak hanya itu, retinol juga berguna untuk merawat kulit berjerawat. Walaupun demikian, senyawa ini memiliki efek samping berupa rasa terbakar, gatal, dan kulit mengelupas. Di mana efek sampingnya sering terjadi untuk orang yang memiliki kondisi kulit kering. Bahkan ada beberapa kasus yang sampai menimbulkan jerawat parah, eksim, serta kulit melepuh.

Untuk bakuchiol sendiri, banyak orang yang telah menganggapnya sebagai pengganti alternatif retinol. Meskipun begitu, sampai saat ini, para peneliti masih belum menemukan dampak negatif yang merusak dari bakuchiol. Sebab, zat alami yang satu ini masih tergolong baru dan butuh untuk diuji lebih banyak lagi.

Banyak praktisi kecantikan menyarankan orang dengan kulit sensitif menggunakan serum bakuchiol. Hal ini tentu dengan mempertimbangkan efek samping dari retinol yang dapat membuat kulit iritasi. Sedangkan bakuchiol relatif aman dari efek samping seperti itu. Sehingga cocok bila digunakan sebagai skincare untuk kulit sensitif yang berjerawat dan mengalami hiperpigmentasi.

Jadi, serum manakah yang lebih baik? Menurut kami tentu serum dengan kandungan bakuchiol yang minim efek samping. Selain itu, karena dibuat dari ekstrak tanaman babchi membuatnya cocok untuk orang dengan pola hidup vegan.

Bakuchiol Serum Pilihan Wanita Indonesia

Apabila Anda mulai tertarik dengan serum yang menggunakan kandungan bakuchiol. Di bawah ini kami telah memilih 7 serum bakuchiol yang lagi hype dan tengah digandrungi oleh kalangan pencinta skincare Indonesia.

Implora Bakuchiol Serum

Bakuchiol Serum Implora

Pertama ada skincare dari brand lokal Implora yang telah berdiri sejak tahun 2002. Ini adalah produk skincare dengan kandungan bakuchiol yang cocok digunakan oleh pemula. Pun dapat digunakan oleh orang yang memiliki kulit sensitif dan mudah iritasi.

Pasalnya Implora Bakuchiol Serum dibuat dengan campuran ekstrak bakuchiol, Salicylic acid, dan 7 jenis buah beri. Di mana dengan formula bakuchiol dab asam salicylic tersebut membuat serum ini dapat meningkatkan elastisitas kulit wajah. Sementara kandungan 7 macam buah beri membuat kulit wajah tampak halus merata karena membuat serum ini semakin kaya akan antioksidan.

Kelebihan lain dari serum bakuchiol dari Implora yakni dapat digunakan sebagai serum pagi dan malam. Juga aman digunakan sebagai skincare untuk wanita hamil. Bahkan harganya yang terjangkau sekitar Rp35.000 untuk kemasan 20 ml juga menjadi kelebihan dari produk yang satu ini.

Walaupun begitu, Anda juga harus tetap hati-hati jika menggunakan serum bakuchiol. Sebab, bakuchiol masih memiliki potensi untuk membuat kulit iritasi.

Somethinc Revive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol

Serum Somethinc Revive Potion 3% Arbutin + Bakuchiol

Rekomendasi selanjutnya yakni serum bakuchiol dari brand lokal Somethinc. Di mana produk yang dikemas dalam dua ukuran yakni 20 ml dan 5 ml ini telah lulus uji dermatologi. Sehingga dapat dipastikan aman untuk digunakan oleh wanita dengan kondisi kulit kering, berjerawat, dan sensitif.

Menariknya komposisi utama dari serum ini bukan hanya bakuchiol, tapi ada juga arbutin sebanyak 3%. Lalu ada lagi tambahan dari bahan sabi white dan rice brand water. Di mana bahan-bahan tersebut membuat produk ini bisa mencerahkan, mengencangkan kulit, serta mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Tak hanya itu, produk skincare dari Somethinc ini juga mampu membantu mengurangi bruntusan. Pun berguna untuk merawat skin barrier yang rusak dan menyamarkan kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Sayangnya untuk mendapatkan kelebihan seperti yang kami sebutkan, Anda memerlukan waktu sekitar 6 bulan.

Selain itu, produk ini memiliki bau yang lumayan menyengat. Sehingga akan cukup menganggu bagi sebagian orang. Namun, bila Anda tertarik akan manfaatnya, harga serum Somethinc hanya berkisar Rp39.000-Rp99.000.

WhiteLab Bakuchiol Treatment Serum

WhiteLab Bakuchiol Treatment Serum

Serum dengan kandungan bakuchiol yang tengah naik daun berikutnya ialah WhiteLab Bakuchiol Treatment Serum. Produk yang dikemas dalam botol 20 ml ini memiliki tekstur yang kental dan berwarna putih. Meskipun begitu ketika diaplikasikan ke kulit wajah akan cepat meresap dan tak lengket.

Di dalam produk dari WhiteLab ini terkandung beberapa forumla aktif seperti 1% bakuchiol, niacinamide, hyaglutamic, dan willow bark ekstrak. Di mana kadungan tersebut membuat serum ini memiliki manfaat untuk menyamarkan garis halus, kerutan, dan bekas jerawat.

Kelebihan lainnya yaitu mampu mengontrol produksi sebum yang membuat kulit wajah berminyak. Hal ini tentu karena adanya kandungan niacinamide. Sementara hyaglutamic akan membuat kulit wajah lembab dan terhidrasi. Satu hal lagi, serum WhiteLab dibuat tanpa alkohol dan parfum sehingga akan aman untuk kulit sensitif.

Kekurangan tentu saja karena baunya yang kurang sedap akibat dari ekstrak herbal bakuchiol. Juga karena serum dari WhiteLab tidak menggunakan pewangi. Walaupun begitu, harga dari serum ini masih cukup terjangkau yakni sekitar Rp95.000.

Erha Age Corrector 1% Bakuchiol & 10% AHA Skin Renew Booster

Erha Age Corrector 1% Bakuchiol Serum

Selanjutnya ada skincare Erha Age Corrector 1% Bakuchiol & 10% AHA Skin Renew Booster. Di mana produk perawatan ini mempunyai tekstur kental seperti slime. Namun, ketika diolesken di kulit wajah akan cepat meleleh dan cepat terserap ke dalam kulit.

Produk skincare dari Erha ini terbuat dari 1% bakuchiol yang memiliki manfaat dalam membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Ditambah dengan 10% AHA yang dapat mengangkat sel kulit mati. Sehingga bisa membuat wajah bersih dan cerah. Selain itu, dengan adanya kandungan anti-inflamasi membuat serum ini bisa mencegah kulit iritasi.

Serum dari Erha ini direkomendasikan untuk dipakai saat malam hari. Namun, jika ingin dipakai ketika pagi, sebaiknya Anda memakai sunscreen. Kekurangan lainnya mungkin tentang harganya yang lumayan mahal yakni Rp204.000 untuk kemasan serum 15 ml.

True to Skin Bakuchiol

True to Skin Bakuchiol Serum

Serum brand lokal yang juga tengah hype saat ini ialah True to Skin Bakuchiol. Serum anti aging ini punya tekstur yang cair dan berwarna bening keungu-unguan serta memiliki aroma harum seperti buah-buahan. Walaupun begitu, serum ini tak menggunakan pewangi di dalam formulanya.

Serum anti aging True to Skin dibuat dengan 1% bakuchiol yang berguna sebagai anti aging dan menyamarkan tanda penuaan dini. Lalu 2% PHA yang berfungsi untuk menutrisi kulit dan membuatnya tampak cerah. Ditambah lagi probiotik kompleks dari 7 jenis biji-bijian yang bermanfaat untuk memperkuat skin barrier dan penyembuhan jerawat.

Kelebihan lain dari serum True to Skin yakni aman untuk kulit sensitif dan ibu hamil. Harganya pun cukup terjangkau untuk wanita kalangan menengah ke bawah. Sebab, serum ini dibanderol Rp113.000 untuk kemasan 20 ml. Kekurangannya yang signifikan mungkin ada pada hasilnya yang akan lama karena bakuchiol tak seaktif retinol.

Bhumi Bakuchiol Night Oil

Bhumi Bakuchiol Night Oil

Brand kecantikan lokal yang tengah booming dengan serum anti aging selanjutnya ialah Bhumi Bakuchiol Night Oil. Serum malam ini memiliki kemasan yang mewah dan klasik. Menariknya meski tekstur dari serum Bhumi kental, baunya tak begitu menyengat sehingga nyaman untuk digunakan.

Dibuat dengan formula 5% bakuchiol, 35% ekstrak buah delima, dan 1% PHA membuat serum ini memiliki beragam manfaat. Pertama dengan adanya bakuchiol, noda bekas jerawat, kerutan, dan garis halus akan tersamarkan. Lalu ekstrak buah delima memiliki manfaat untuk membuat kulit kenyal dan melindunginya dari sinar UV matahari.

Sementara PHA akan membuat kulit halus dan lembut. Pun berguna untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam akibat sel kulit mati atau paparan polutan. Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dari serum ini ialah perawatan jerawat dengan spot hitam. Juga kebergunaannya dalam menjaga skin barrier dan melembabkan kulit.

Bicara soal kekurangan, ini adalah produk serum malam yang memiliki harga lumayan mahal. Sebab, untuk mendapatkan satu produk dengan volume 30 ml, Anda perlu merogoh kocek Rp259.000.

Azzarine Revitalizing Anti Aging Serum

Bakuchiol Serum Azzarine Revitalizing Anti Aging

Terakhir rekomendasi serum bakuchiol yang lagi hype yaitu Azzarine Revitalizing Anti Aging Serum. Di mana produk ini memiliki tekstur cair yang pastinya akan cepat terserap ke dalam kulit. Sehingga tak akan membuat kulit terasa berminyak setelah pemakaian.

Formula dari serum ini terbuat dari bakuchiol, hyaluronic, glicerin, dan, Centella asiatica. Sehingga membuat serum Azzarine memiliki manfaat untuk menyamarkan garis halus dan kerutan di wajah. Membantu meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit akan terasa kencang dan kenyal. Juga berguna untuk perawatan kulit berjerawat karena tedapat kandungan bahan bakuchiol yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Kelebihan lainnya, produk serum dari Azzarine telah dibuat dengan metode Multi Peptide Technology & Stem Cell. Di mana teknologi tersebut akan menjaga kestabilan formula di dalam kemasan. Sementara untuk kekurangannya sama dengan serum anti aging dengan kandungan bakuchiol lainnya. Anda butuh waktu yang lama untuk mendapatkan kulit yang halus.

Meski demikian memakai serum dengan kandungan bakuchiol seperti Azzarine Revitalizing Anti Aging Serum juga memiliki manfaat. Sebab, risiko iritasinya lebih ringan. Bila Anda tertarik, serum bakuchiol dari Azzarine cukup terjangkau di kantong, karena hanya dibanderol Rp59.000.

Bakuchiol Serum Produk Terkini dalam Perawatan Wajah

Bakuchiol adalah senyawa pengganti retinol yang terbuat dari ekstraksi biji dan daun tanaman babchi. Zat ini lebih aman dibandingkan dengan retinol yang bisa membuat kulit iritasi. Meski termasuk bahan kosmetik baru, serum bakuchiol saat ini sudah digandrungi oleh banyak wanita dan tengah hype di Indonesia.

Beberapa brand lokal pun telah membuat varian serum dari bakuchiol. Tujuannya agar pemilik kulit sensitif bisa menggunakan serum anti aging. Walaupun begitu, para pemula yang ingin menggunakan retinol, lebih baik menggunakan serum bakuchiol terlebih dulu. Hal ini agar kulit tak terkejut dan iritasi akibat retinol yang merupakan zat aktif.

Selain itu, meski memiliki resiko yang kecil. Bukan berarti bahwa bakuchiol tak bisa membuat kulit iritasi. Pada awal-awal pemakaian Anda mungkin merasakan sensasi perih dan panas. Ini adalah efek dari bakuchiol yang baru berkenalan dengan kulit wajah Anda. Namun, bila kondisi tersebut membuat Anda bruntusan parah sebaiknya hentikan pemakaian.