Handy Talkie, Bukan Sekadar Alat Komunikasi

Salah satu faktor kunci dalam menyelesaikan berbagai masalah yang kita hadapi adalah komunikasi. Karena itu komunikasi yang lancar sangat diperlukan. Kemajuan teknologi komunikasi saat ini telah melahirkan alat komunikasi yang semakin canggih, yakni smartphone, atau telepon seluler. Tak heran hampir semua orang memilikinya. Smartphone memang memudahkan orang berkomunikasi, bahkan menyelesaikan banyak pekerjaan dengan lebih cepat dan simpel.

Namun jenis alat komunikasi smartphone atau handphone memerlukan pulsa yang harus dibeli guna mengaktifkannya untuk berkomunikasi. Harga smartphone yang tak murah, ditambah dengan pulsa yang harus dibeli setiap kali akan digunakan tentunya menjadi perhitungan tersendiri bagi mereka yang hampir setiap waktu membutuhkan komunikasi sebagai alat untuk pelaporan.

Untuk alasan seperti itulah, banyak orang tetap menggunakan handy talkie atau HT yang lebih hemat dan efisien. Handy talkie adalah perangkat radio dua arah yang serba guna, menggunakan teknologi Push To Talk (PTT), yakni pengguna handy talkie hanya perlu menekan tombol untuk berkomunikasi dengan pengguna HT lainnya.

HT tidak seperti smartphone yang memerlukan provider khusus untuk melakukan fungsinya. HT menggunakan gelombang radio yang telah ada di sekitar kita sehingga sekali Anda membeli HT maka Anda bisa menggunakannya sampai HT tersebut rusak atau hilang tanpa membeli pulsa atau semacamnya. HT juga tahan banting dan memiliki usia pakai yang lebih panjang.

HT banyak digunakan oleh mereka yang seringkali melakukan komunikasi untuk melaporkan atau meminta laporan suatu proses pekerjaan yang sedang berlangsung. Dalam satu jam saja mungkin kebutuhan pelaporan bisa sampai 10 kali atau lebih sehingga apabila menggunakan smartphone atau handphone biasa akan memakan pulsa yang sangat banyak.

Bagi Anda yang masih bingung dengan kegunaan HT, ini adalah beberapa kelebihan dalam penggunaan handy talkie yang bisa Anda jadikan informasi ketika hendak membeli alat komunikasi tersebut; tidak memerlukan pulsa, jenisnya beragam sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk jarak jauh dan jarak dekat yang mempengaruhi harga. HT ada yang jenis portable serupa handphone sehingga bisa dibawa kemana-mana; sistem baterai charger; terdapat fitur radio; tidak memerlukan nomor; memiliki memory untuk mencatat channel yang sering digunakan, dan ini yang penting; harganya lebih terjangkau.

Motorola Solutions mengeluarkan handy talkie dalam berbagai varian, antara lain TalkAbout T42, TalkAbout T62, dan TalkAbout T82.  TalkAbout T42memiliki 16 channel danjangkauan hingga 4 km.  TalkAbout T42 juga bisa digunakan untuk kegiatan lain saat membuat acara di rumah seperti pesta kebun, kemping Acara akan berjalan lebih lancar dengan bantuan perangkat TalkAbout T42.

Sedangkan  TalkAboutT62 bisa menjadi pilihan untuk komunikasi dan koordinasi yang cepat dan hemat dalam bisnis Anda. TalkAbout T62 memiliki 16 channel dan jarak jangkauan hingga 8 km. Fiturnya lebih lengkap dan desainnya penuh gaya. TalkAbout T62 jadi cara yang ideal berkomunikasi di luar ruang atau saat bertualang, kemping, festival, dan mendaki. TalkAbout T62 juga memiliki fitur easy pairing yang memudahkan perangkat TalkAbout satu dengan yang lain bisa terhubung. TalkAbout T62 juga dapat diisi daya dengan kabel USB.

TalkAbout T82, bisa jadi pasangan yang sempurna untuk bertualang. TalkAbout T82 punya daya tahan lama, dengan peringkat IPx2, TalkAbout T82 aman dari tetesan dan cipratan yang mungkin Anda temui saat melakukan petualangan di gunung atau tempat yang ekstrem. Tampilan tersembunyi yang baru membuat panggilan menjadi lebih mudah dan menjadi hidup saat Anda membutuhkannya. TalkAbout T82 memiliki tombol pengaturan lebih mudah. Senter LED internal menyediakan lampu darurat saat dibutuhkan sehingga Anda dapat membaca peta dalam gelap. Dengan jarak jangkauan hingga 10 km*, TalkAbout T82 memastikan Anda tetap terhubung. Untuk informasi lebih lengkap dari perangkat TalkAbout dapat Anda temukan dengan mengunjungi laman ini.

Dari kelebihan di atas, fungsi HT sangat cocok digunakan untuk mereka yang membutuhkan pelaporan secara on time dengan durasi yang sering guna menunjang bisnis/usaha skala menengah, untuk mereka yang bekerja sebagai event organizer, kebutuhan pengawasan rumah tangga, hingga mereka yang memiliki hobi bertualang ke tempat-tempat yang ekstrem.

Saat ini banyak orang mengandalkan HT untuk sistem pengawasan rumah tangga terutama di rumah yang memiliki dua lantai atau lebih. Penggunaan HT tak melulu oleh para pria namun juga wanita yang memiliki profesi sebagai pengawas perkebunan, babysitter hingga para asisten rumah tangga.

Dengan handy talkie orang bebas melakukan percakapan tanpa kendala sinyal saat berada di lokasi yang tak terjangkau sinyal seluler. HT juga dapat menjadi alat yang penting dalam situasi darurat, seperti bencana alam, search and rescue di gunung atau kondisi darurat lainnya. Misalnya ketika sedang terjadi bencana alam, di mana jalur komunikasi publik seperti telepon dan seluler terputus untuk beberapa waktu, meskipun sedang dalam kondisi seperti demikian, HT masih bisa berfungsi dengan baik.

Keunikan fungsi HT yang tidak digantikan oleh ponsel, yakni komunikasi One-to-Many atau broadcast voice informative serta komunikasi mandiri tanpa adanya ketergantungan dari pihak lain menjadi alasan yang kuat mengapa HT masih dipergunakan di dalam banyak pekerjaan. Dalam arti, informasi yang disampaikan melalui handy talkie ini bisa didengar oleh seluruh pihak yang memantaunya, sehingga bisa memudahkan koordinasi mobile team secara serentak.