Pertanyaan Seputar Manfaat Kolagen

Kita akan membahas seputar kolagen dan manfaatnya serta pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul ketika seseorang memutuskan ingin mencoba untuk mengkonsumsi minuman kolagen.

Apa itu kolagen?

Minuman kolagen terbuat dari kolagen sapi (kulit sapi) yang telah dihidrolisis menjadi peptida. Peptida ini kemudian disusun kembali menjadi bentuk cair yang meniru struktur kolagen. Hasilnya adalah minuman yang mengandung semua asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk memproduksi kolagen.

Banyak peneliti yang menyebut kolagen sebagai “makanan super” karena mengandung protein, asam amino, vitamin, mineral, dan antioksidan tingkat tinggi. Kolagen juga merupakan salah satu protein paling melimpah di tubuh manusia. Kolagen membantu kita membangun tulang yang kuat, jaringan ikat, otot, dan organ dalam.

Jenis kolagen apa yang terbaik untuk anti penuaan?

Jenis suplemen kolagen yang paling populer termasuk kolagen peptida, kolagen terhidrolisis, gelatin, dan kolagen non-denaturasi. Kolagen peptida terbuat dari sumber hewani dan mengandung asam amino, yang mungkin dapat menyebabkan reaksi alergi.

Kolagen terhidrolisis mengandung enzim yang memecah kolagen menjadi potongan-potongan kecil, namun tidak mengandung asam amino. Gelatin berasal dari tulang dan jaringan ikat dan memiliki sifat yang mirip dengan kolagen terhidrolisis. Kolagen non-denaturasi berasal dari kulit dan tulang hewan dan biasanya dikombinasikan dengan vitamin C.

Apakah minuman kolagen berkhasiat mengobati nyeri sendi?

Kolagen telah lama disebut-sebut sebagai salah satu bahan utama untuk kesehatan tubuh. Tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa kolagen mungkin juga bermanfaat untuk tulang dan persendian.

Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu menemukan bahwa orang yang minum setidaknya dua cangkir kolagen setiap hari memiliki tulang keropos yang lebih sedikit daripada mereka yang tidak minum. Studi lain menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi suplemen kolagen mengalami lebih sedikit kecenderungan mengalami patah tulang setelah menopause.

Namun jika Anda pernah mendengar bahwa minuman kolagen bisa mengobati nyeri sendi, maka hasil penelitian hingga saat ini menyatakan bahwa minuman kolagen tidak efektif untuk mengobati nyeri sendi, namun pada beberapa subjek klinis, minuman ini dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat nyeri sendi.

Kolagen mungkin mengandung glukosamin, yang memiliki beberapa sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari nyeri sendir tetapi tampaknya tidak memperlambat kerusakan tulang rawan.

Apakah kolagen bagus untuk rambut?

Kolagen adalah sumber protein yang sangat baik. Meminum kolagen secara rutin dengan dosis yang tepat dapat menambah kekuatan dan volume pada rambut yang rusak atau menipis. Anda dapat menggunakan suplemen kolagen untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Berapa banyak kolagen yang harus saya konsumsi setiap hari?

Jumlah kolagen yang Anda butuhkan tergantung pada usia, jenis kelamin, status kesehatan, gaya hidup, dan faktor lainnya. Jika Anda sehat dan tidak memiliki kondisi kronis, Anda dapat mengkonsumsi sekitar 1 gram kolagen per hari. Jika Anda lebih tua, Anda mungkin ingin memulai dengan 0,5 gram.

Apakah efek samping dari kolagen?

Tidak ada efek samping yang diketahui terkait dengan minum kolagen. Namun, jika Anda memiliki kekhawatiran tentang mengkonsumsi produk ini, selalu konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Setelah membaca ringkasan dari beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar kolagen dan minuman kolagen, jika Anda ingin memutuskan untuk mencoba minuman kolagen yang bagus untuk memutihkan kulit agar tampak halus bersinar, maka Anda bisa membaca tinjauan kami mengklik diatas.