Review 7 Peeling Serum Yang Sedang Viral

Peeling serum merupakan salah satu produk skincare yang penting untuk membantu kulit beregenerasi dengan bekerja sebagai chemical exfoliating. Biasanya, orang melakukan peeling di salon kecantikan untuk mendapatkan hasil terbaik. Namun, kini cukup banyak produk yang mengeluarkan chemical exfoliating dalam bentuk peeling serum sehingga lebih praktis.

Chemical exfoliating atau peeling sendiri adalah salah satu perawatan kulit yang bertujuan untuk membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit bisa tampak lebih cerah, halus, memudarkan bekas jerawat, mengurangi garis halus, dan mengobati jerawat dengan menggunakan bahan kimia dalam bentuk skincare.

Meskipun hasilnya tak dapat terlihat secepat peeling di salon, produk peeling serum menarik untuk dicoba. Selain karena ramah di kantong, peeling serum merupakan solusi praktis untuk banyak orang yang mungkin tak sempat pergi ke salon demi meraih kulit yang sempurna.

Apa Itu Peeling Serum?

Peeling serum adalah produk skincare berbentuk serum yang mengandung bahan-bahan aktif untuk membantu mengurangi tanda penuaan pada wajah. Namun berbeda dengan serum pada umumnya, peeling serum digunakan untuk melakukan peeling wajah.

Lantas, mengapa peeling serum penting?

Peeling serum memfasilitasi proses peeling wajah dengan cara yang praktis. Peeling wajah sendiri bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati agar dapat berganti ke sel kulit baru. Dengan begitu, wajah akan terlihat lebih cerah, lebih lembut, terhindar dari masalah jerawat dan komedo, serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Perlu diketahui, istilah peeling kerap kali tumpang tindih dengan exfoliating dan membuat beberapa orang yang bingung membedakannya. Bahkan, tak jarang yang menganggap keduanya sama. Apakah perbedaan dari peeling dan exfoliating?

Perbedaan Peeling dan Exfoliating

Serupa, tapi tak sama, peeling dan exfoliating sama-sama bertujuan mengangkat sel kulit mati agar kulit terlihat lebih bersih dan bebas dari kusam. Namun perlu diketahui, exfoliating merupakan proses pengangkatan sel kulit mati yang berasal dari lapisan kulit paling luar.

Terdapat dua jenis exfoliating, yakni physical exfoliating yang berfungsi mengangkat sel kulit mati secara physical atau dengan menggunakan bahan seperti scrub, sikat, atau sponge. Kedua, chemical exfoliating yang menggunakan bahan kimia.

Peeling merupakan bagian dari chemical exfoliating yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit bagian terdalam dan menggantinya dengan lapisan kulit baru. Bergantinya sel kulit lama dengan sel kulit baru ini tak lepas dari peran produk peeling yang memang memberikan efek terkelupas pada kulit, salah satunya peeling serum.

Manfaat Peeling Serum

Bertujuan untuk menghempas tanda-tanda penuaan dan bekerja keras sebagai anti-aging, peeling serum memiliki beberapa manfaat. Di antaranya sebagai berikut:

  • Mengangkat sel kulit mati.
  • Mencerahkan dan meratakan warna kulit.
  • Memperbaiki skin barrier dan tekstur kulit.
  • Mengatasi jerawat dan komedo.
  • Menyamarkan noda hitam di wajah.
  • Melembapkan wajah.
  • Menghilangkan kulit kusam dan membuat kulit tampak glowing.

Cara Kerja Peeling Serum

Peeling serum bekerja dengan mengaktivasi stem cell di sel kulit. Setelah itu terbentuk banyak sel baru sehingga metabolisme epidermis akan menjadi sangat baik. Sel baru inilah yang kemudian berubah menjadi corneocyte.

Bahan aktif yng ada pada tubuh kita, dibantu dengan zat yang terkandung dalam serum peeling, membuat corneocyte berubah menjadi cairan yang mengkuatkan skin barrier. Kulit pun lebih sehat dan terjaga kelembapannya.

Ketika kulit dalam kondisi sehat, mikrobiota kulit berada di kondisi yang sangat kondusif dalam menjalankan perannya untuk mengangkat sel kulit mati secara alami dan meregenerasi sel-sel kulit.

Cara Pakai Peeling Serum yang Tepat

Peeling serum mengandung bahan aktif yang cukup keras karena berfungsi untuk mengelupas sel-sel kulit mati di kulit. Karena itu, cara pakai peeling serum tidak boleh sembarangan. Simak tips cara pakai peeling serum yang tepat berikut ini:

1. Pengaplikasian peeling serum tidak boleh lebih dari 10 menit untuk menghindari iritasi kulit.

2. Hindari area mata dan bibir karena kulit di kedua bagian wajah tersebut memiliki kulit yang tipis. Jika diaplikasikan di area tersebut, maka akan rawan terjadi iritasi.

3. Jangan menggunakan peeling serum bersamaan dengan produk lain yang memiliki kandungan bahan aktif cukup tinggi.

4. Setelah menggunakan peeling serum, kulit akan menipis. Karena itu, gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

5. Setelah pemakaian peeling serum, kulit perlu dihidrasi dengan penggunaan pelembap untuk menguatkan skin barrier dan menambah hidrasi kulit.

Rekomendasi Peeling Serum Terbaik

Berikut ini adalah Peeling Serum yang patut dicoba karena sudah terbukti bagus untuk mengangkat sel kulit mati dan mengembalikan kelembutan kulit wajah seperti sel kulit baru.

Avoskin Miraculous Refining Serum

Peeling Serum Avoskin Miraculous Refining

Avoskin Miraculous Refining Serum merupakan chemical peeling yang mengandung 10% AHA dan 3% BHA sebagai agen eksfoliator. Peeling serum ini juga dilengkapi dengan kandungan Niacinamide, Ceramide, dan bahan pendukung lainnya yang membuat serum ini efektif untuk membantu exfoliating sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel kulit. Dengan begitu, kulit menjadi tampak lebih cerah, tekstur merata, dan lebih lembut.

Miraculous Refining Serum ini juga berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan dan meratakan warna kulit, memperbaiki tekstur kulit, serta mengatasi jerawat dan komedo.

Peeling serum ini cocok digunakan untuk acne prone skin dan oily skin. Untuk kulit sensitif, disarankan untuk mencoba menggunakan produk terlebih dulu pada bagian tertentu di wajah. Di awal pemakaian, disarankan untuk menggunakan peeling serum ini pada malam hari dengan frekuensi pemakaian maksimal 3 kali seminggu.

Harga

Somethinc: AHA 7%, BHA 1%, PHA 3% Weekly Peeling Solution

Peeling Serum Somethinc AHA 7%, BHA 1%, PHA 3% Solution

Somethinc AHA 7%, BHA 1%, PHA 3% Weekly Peeling Solution dengan dosis % yang lebih tinggi untuk yang sudah terbiasa dengan bahan aktif AHA, BHA, dan PHA. Kandungan Glycolic Acid (AHA) melarutkan sel-sel kulit mati, kotoran yang tertutup minyak sehingga mampu menyamarkan kerutan dan jerawat. Sedangkan 0,01% Salicylic Acid (BHA) mampu meratakan tekstur kulit, mengatasi komedo dan jerawat, mengontrol sebum atau produksi minyak, serta membersihkan lapisan kulit secara optimal.

Sementara 0,01% Lactobionic Acid (PHA) mampu mengangkat sel kulit mati dengan lembut tanpa iritasi, dan menjadikan kulit kenyal. Tak hanya itu, peeling serum ini mengandung mugwort atau Artemisia Vulgaris yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Serum ini ideal digunakan di malam hari dengan pemakaian 2 kali dalam seminggu, cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Harga:

MS Glow Peeling Serum

Peeling Serum MS Glow

MS Glow Peeling Serum mengandung bahan-bahan natural seperti Manuka Honey, Yeast Extract, Keffir Extract, Soy Amino Acid, Citrulline, dan Apple Stem Cell. Kandungan tersebut bermanfaat dalam mempercepat regenerasi kulit, memudarkan noda flek, mengangkat sel kulit mati yang menghalangi bahan aktif masuk ke kulit, mencerahkan dan melembapkan bibir yang gelap, serta mencerahkan leher yang belang.

Peeling serum ini cocok jadikan sebagai Skincare Remedy untuk yang memiliki kulit yang kusam, mudah bruntusan, serta kering dan terkelupas karena sel kulit mati yang beregenerasi lambat. Teksturnya yang watery dengan butiran beeds yang lembut, membuat kulit menjadi lembap, cerah, dan glowing

MS Glow Peeling Serum diaplikasikan setelah toner di malam hari dengan penggunaan rutin 2-3 kali dalam seminggu.

Harga:

Implora Peeling Serum

Peeling Serum Implora

Implora Peeling Serum mengandung exfoliator agent, di antaranya Glycolic acid dan Lactic acid (AHA) yang mengeksfoliasi kulit secara lembut dan mengangkat sel kulit mati dan kotoran; BHA dan PHA yang efektif membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menjaga kelembapan kulit; ekstrak Licorice dan Aloe Vera sehingga cocok untuk kulit sensitif; serta Niacinamide yang mencerahkan kulit dan mengurangi tampilan post-inflammatory hyperpigmentation (PIH).

Peeling serum Implora ini digunakan di malam hari dengan pemakaian tidak lebih dari 2 kali seminggu. Hindari pemakaian produk eksfoliasi lain selain produk ini, serta gunakan selalu sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV setiap 2 jam sekali.

Harga:

Azarine AHA-BHA-PHA Peeling Serum

Peeling Serum Azarine AHA-BHA-PHA

Azarine AHA-BHA-PHA Peeling Serum merupakan peeling serum hasil kolaborasi Azarine dengan Marvel yang mengandung AHA 10%, BHA, PHA, Portulaca Olerea Extract, serta enzymatic peeling seperti Carica Papaya Fruit Extract, dan bahan lainnya yang mampu mengangkat sel kulit mati sekaligus membuat wajah tampak lebih cerah dan bersih.

Manfaat dari peeling serum ini, di antaranya mengangkat sel kulit mati, membantu proses pergantian kulit, mencerahkan kulit akibat flek atau bekas jerawat, merapatkan pori-pori, serta memperbaiki tekstur kulit seperti bopeng atau bruntusan.

Hindari pemakaian peeling serum ini dengan retinol dan niacinamide. Penggunaannya yakni 1-3 kali seminggu dan hanya di malam hari.

Harga:

Whitelab Peeling Serum AHA BHA PHA

Peeling Serum Whitelab AHA BHA PHA

Whitelab Peeling Serum AHA BHA PHA mengandung AHA 5%, BHA 2%, PHA 2%, dan Niacinamide 2% yang bermanfaat dalam mencerahkan dan meratakan warna kulit, membantu mengangkat sel-sel kulit mati, dan mencegah timbulnya jerawat pada wajah. Selain itu, juga memiliki manfaat lain seperti membantu mengangkat komedo dan meminimalisasi penampakan pori, merawat kehalusan kulit, membantu meratakan tekstur kulit, menyamarkan noda pada wajah, serta mengontrol produksi minyak berlebih.

Penggunaan peeling serum ini hanya dianjurkan 2-3 kali seminggu. Jika terlalu sering, kulit wajah akan menipis dan rentan terkena iritasi.

Harga:

Laneige Clear-C Peeling Serum

Peeling Serum Laneige Clear-C

Laneige Clear-C Peeling Serum termasuk dalam rangkaian Laneige Clear-C Peeling bersama dengan Clear-C Peeling Mask yang bermanfaat untuk membuat tekstur kulit wajah terasa lembut dengan kandungan tumbuh-tumbuhan dari malic acid AHA. Kandungan malic acid AHA dari peeling serum ini berasal dari tumbuhan sugar maple, batang tebu, jeruk, lemon, dan bilberi yang efektif dalam mengurangi sel-sel kulit mati yang kasar. Meski begitu, peeling serum ini menjaga agar lapisan terluar kulit (cornified layer) tetap terasa sehat dan elastis.

Peling serum ini mengandung enzim sehingga hanya akan bekerja untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terkelupas. Khususnya ketika pergantian musim dan permukaan kulit yang terasa tidak merata, serum ini akan membuat permukaan kulit terasa halus dan rata dengan merawat sel-sel kulit mati yang terkelupas.

Peeling serum ini cocok digunakan di semua jenis kulit, mulai dari kombinasi, kering, normal, hingga berminyak. Aplikasikan Laneige Clear-C Peeling Serum setelah membersihkan wajah sebanyak 2-3 kali seminggu, gunakan setiap pagi dan malam setelah toner.

Harga:

Peeling Serum Terbaik Untuk Wajah

Peeling Serum merupakan salah satu produk skincare yang berfungsi sebagai chemical peeling untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Manfaatnya sebagian besar adalah untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dan masalah jerawat.

Kandungan utama yang terdapat dalam peeling serum adalah AHA, BHA, dan PHA. Ketiganya adalah bahan aktif yang sangat efektif dalam mengangkat sel kulit mati, tapi harus dalam konsentrasi yang sudah diperhitungkan. Karena mengandung bahan aktif yang cukup keras, hindari pemakaian peeling serum bersamaan atau berdekatan waktu dengan peeling serum lain yang mengandung bahan aktif lain cukup tinggi, seperti vitamin C, niacinamide, dan retinol. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan suatu produk menggabungkan kandungan niacinamide dan bahan aktif peeling serum karena kondisi ini dinilai aman dan justru efektif, tapi dalam konsentrasi tertentu.

Selain itu, hindari pemakaian peeling serum terlalu sering, yakni cukup dengan 2-3 kali seminggu, serta terus gunakan sunscreen selama di luar ruangan untuk menjaga kulit terhindar dari iritasi.

Apakah AHA, BHA, dan PHA Kandungan yang Tepat untuk Peeling Serum?

Ketika menggunakan peeling serum, tak jarang kita menemukan kandungan AHA, BHA, dan PHA di dalamnya. Ketiga kandungan tersebut adalah macam-macam hydroxyl acids atau asam hidroksi yang sangat bagus bagi kesehatan kulit. Meski cenderung keras, tapi dalam konsentrasi yang tepat; AHA, BHA, dan PHA dapat bermanfaat dalam mengatasi permasalahan kulit. Salah satunya sebagai kandungan yang efektif untuk chemical peeling.

AHA cocok digunakan untuk mengatasi masalah penuaan dini pada kulit, sedangkan BHA untuk melawan jerawat atau bekas jerawat. Sementara PHA, merupakan kandungan yang digunakan jika kulit sensitif terhadap AHA dan BHA.

Sebagai bahan aktif chemical peeling yang ampuh, ketiga bahan tersebut dapat memproduksi kolagen yang tinggi sebagai protein yang amat penting bagi kesehatan kulit.

Jadi jawabannya adalah ya; AHA, BHA, dan PHA merupakan kandungan yang tepat untuk peeling serum.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap peeling serum memiliki manfaat, kandungan, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, pilih yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu.

Pertanyaan Seputar Peeling Serum

Peeling serum digunakan kapan?

Sebaiknya gunakan peeling serum di malam hari agar tidak terkena paparan sinar matahari. Karena sifatnya exfoliating dan mengandung bahan aktif yang cukup keras, gunakan 2-3 kali dalam satu minggu.

Peeling serum digunakan setelah apa/sebelum peeling pakai apa dulu?

Menurut Dr. L. J. Maxfield, seorang ahli di bidang dermatologi, urutan penggunaan peeling serum adalah setelah cleansing atau setelah wajah dibersihkan. Namun beberapa produk akan menyarankan penggunaan peeling serum setelah toner.

Yang tidak boleh dilakukan setelah peeling?

Setelah menggunakan peeling serum, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Jangan menggunakan produk skincare lain yang mengandung bahan aktif tinggi, seperti niacinamide, retinol atau asam retinoat, dan vitamin C karena dapat meningkatkan risiko terjadinya iritasi kulit (kecuali dalam suatu produk sudah terkandung demikian).

2. Jangan mengupas kulit kering dengan paksa.

3. Jangan sampai tidak menggunakan sunscreen saat pergi ke luar ruangan.

4. Jangan membiarkan kulit menjadi kering. Maka dari itu setelah terkelupas, cuci wajah dengan air dingin dan sabun yang lembut.

5. Hindari malas menggunakan pelembap karena kulit harus terhidrasi setelah chemical peeling. Tapi jangan memberi terlalu banyak karena dapat menghalangi pengelupasan kulit.

Apakah setelah memakai peeling serum harus dibilas?

Setelah penggunaan peeling serum, kamu dapat membilasnya menggunakan air biasa ataupun facial wash. Jika sebelumnya belum menggunakan facial wash, maka tidak apa-apa jika hendak dibasuh dengan menggunakan sabun cuci muka, tapi perhatikan bahan aktif yang terkandung di dalamnya.

Adapun jika sebelum menggunakan peeling serum kamu sudah membasuh wajah dengan menggunakan sabun, maka cukup bersihkan peeling serum dengan air bersih yang mengalir.

Berapa lama proses pengelupasan kulit setelah peeling?

Secara umum peeling superficial atau peeling yang paling ringan, yakni dengan bantuan salicylic acid, glycolic acid, atau lactic acid dengan konsentrasi tertentu cenderung tidak memerlukan downtime, kalaupun ada pengelupasan, biasanya hanya halus saja dan tidak mengganggu. Sebab, chemical peeling ini hanya mengikis bagian epidermis kulit.

Sedangkan peeling medium yang mengikis bagian epidermis kulit dan sebagian dermis, rata-rata membutuhkan waktu 5-7 hari hingga mengelupas, terkadang bisa lebih lama bergantung pada konsentrasi dan cairan peeling yang diperlukan.