7 Rekomendasi Retinol Serum Terbaik untuk Kulit Wajah

Siapa yang tak ingin memiliki wajah cerah dan sehat, bebas dari jerawat dan tanda-tanda penuaan? Untuk mendapatkannya, kami akan memberimu rekomendasi serum retinol terbaik untuk kulit wajah. Untuk diketahui, retinol merupakan bahan aktif yang bekerja efektif sebagai pembasmi jerawat dan anti-aging. 

Tak heran, hampir semua produk kecantikan mengeluarkan produk berbahan retinol sebagai eksfoliator yang ampuh bekerja pada kulit. Namun sebelum itu, kami akan menjelaskan apa itu retinol dan beberapa produk yang kami rekomendasikan untuk kamu.

Apa itu Retinol

Retinol merupakan salah satu bahan aktif yang sering digunakan dalam produk skincare. Bahan ini adalah turunan dari vitamin A yang dipercaya mampu untuk mengatasi jerawat hingga mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Seorang wanita sedang melakukan review serum retinol terbaik

Sebuah penelitian dari Harvard Medical School mengungkapkan bahwa pada sekitar tahun 1970-an, retinol digunakan sebagai obat jerawat, hingga akhirnya para peneliti menemukan fungsi lainnya sebagai anti-aging.

Manfaat Retinol

Retinol yang menjadi kandungan dalam skincare memiliki banyak manfaat. Bahan aktif ini bekerja melalui molekul kecil yang masuk ke bawah lapisan kulit epidermis hingga dermis. Ketika berada di tengah kulit, retinol kemudian membantu menetralisasi radikal bebas dengan meningkatkan produksi elastin dan kolagen.

Produksi elastin dan kolagen dari proses ini menciptakan efek kulit kencang sehingga dapat mengurangi munculnya garis-garis halus, keriput, dan pori-pori membesar. Kulit rata-rata mulai menunjukkan perkembangan setelah setidaknya 12 minggu memakai skincare dengan bahan aktif ini.

Berikut manfaat lain dari retinol untuk wajah:

  • Mengontrol minyak berlebih.
  • Mengurangi komedo.
  • Mengatasi jerawat.
  • Menghambat tanda-tanda penuaan.
  • Mencerahkan kulit.

Efek Samping Retinol

Retinol memang memiliki banyak manfaat untuk kulit, tapi kita tidak dapat mengesampingkan efek samping yang kemungkinan muncul dari bahan aktif ini jika tidak digunakan sesuai aturan.

Berikut beberapa efek samping yang pernah dialami oleh pengguna retinol:

  • Kulit kering
  • Iritasi
  • Kulit kemerahan, melepuh, bengkak, dan keras
  • Perubahan warna kulit

Bagaimana Cara Menggunakan Retinol yang Benar?

Untuk menghindari efek samping dari pemakaian retinol, maka kamu harus menggunakannya secara benar dan tepat. Lantas, bagaimana pengaplikasian yang benar?

Pertama, oles atau teteskan produk yang mengandung retinol secukupnya. Jangan terlalu banyak, terlalu sering, atau dalam konsentrasi yang terlalu tinggi.

Kedua, aplikasikan saat kulit dalam kondisi kering. Sebab, jika kulit dalam kondisi basah, maka akan berisiko terjadinya iritasi.

Ketiga, jangan gunakan retinol bersamaan dengan bahan aktif lain yang dilarang, misalnya produk eksfoliasi lain. Contoh dari bahan aktif yang dilarang adalah benzoil peroksida, alpha-hydroxy acid (AHA), dan beta-hydroxy acid (BHA).

Keempat, jangan menggunakan retinol jika kamu sedang hamil ataupun menyusui karena dapat berdampak buruk pada kesehatan bayi.

Terakhir, gunakan retinol di waktu pemakaian yang tepat.

Kapan Pakai Retinol?

Sebaiknya kamu menggunakan retinol pada malam hari karena penggunaan retinol di siang hari rawan terkena paparan sinar matahari. Hal itu hanya akan membuat kandungannya rusak. Akibatnya, dapat berdampak serius pada kulit.

Skincare yang Mengandung Retinol

Retinol dapat menjadi bahan aktif di beberapa produk skincare, mulai dari facial wash, moisturizer, serum, toner, hingga masker. Namun, sebagian besar produk retinol berbentuk serum karena pangaplikasiannya yang cenderung mudah dan tidak digunakan dalam jumlah yang banyak.

Selain itu, serum merupakan salah satu skincare yang berfungsi sebagai booster karena kandungan di dalamnya yang sangat kaya. Karena itulah serum retinol merupakan produk yang paling direkomendasikan.

Berikut beberapa skincare yang mengandung retinol:

Facial Wash

Retinol dapat kamu jumpai dalam facial wash yang rata-rata merupakan produk anti-aging. Misalnya, POND’S Age Miracle Retinol Youthful Glow Facial Treatment Cleanser, Ertos Retinol Facial Treatment, dan LANBENA Retinol Wash Foaming Cleanser.

Moisturizer Retinol

Bahan aktif retinol juga kerap ditemukan dalam produk pelembap atau moisturizer. Berikut beberapa moisturizer retinol yang viral di kalangan masyarakat dengan kemampuannya dalam menangkal radikal bebas dan efektif bekerja merangsang pergantian sel kulit. Di antaranya, Votre Peau Retinol Barrier Cream, POND’S Age Miracle Wrinkle Corrector Night Cream, dan Olay Regenerist RETINOL 24 Facial Moisturizer.

Toner Retinol

Jika kamu tipikal yang senang dengan produk toner karena lebih hydrating, maka toner retinol adalah produk yang dapat kamu coba. Sebab, biasanya toner retinol memiliki kandungan lain seperti aloe vera atau pomegranete yang memberi efek segar pada kulit. Beberapa produk toner retinol yang dapat kamu coba, yaitu Avoskin Miraculous Refining Toner, Charism 1% Retinol Tonic, dan Pixi Retinol Tonic.

Masker Retinol

Tak hanya pada daily routine skincare, retinol juga dapat terkandung dalam masker. Selain penggunaannya lebih mudah sembari istirahat relax, masker retinol dapat menjadi jawaban bagi para pengguna skincare yang cukup malas menggunakan daily routine product. Sebab, biasanya masker retinol berbentuk sheet mask sekali pakai yang sangat mudah digunakan. Avoskin Retinol Sheet Mask, BREYLEE Sheet Mask Retinol Lifting – Anti-aging, dan Allphv Retinol Sheet Mask adalah beberapa masker retinol yang dapat kamu coba.

Serum yang Mengandung Retinol

Di antara sekian banyak produk skincare mengandung retinol, serum merupakan produk yang paling banyak dikeluarkan dengan kandungan retinol. Apa saja serum yang mengandung retinol dan dapat kamu coba?

Serum yang Mengandung Retinol

Berikut di bawah adalah serum wajah yang mengandung retinol paling populer dan banyak dicari saat ini.

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule – Untuk Kulit Kering

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule Serum
https://www.avoskinbeauty.com/

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule memiliki kandungan utama 3% Actosome Retinol yang 50% lebih rendah efek samping pada kulit dibandingkan dengan retinol lainnya. Dipadu dengan kandungan Vitamin E, ekstrak buah pomegranate, dan ekstrak green tea, ampoule ini bekerja secara optimal untuk memicu regenerasi sel kulit sehingga meningkatkan produksi kolagen alami pada kulit. Namun karena produk ini ditujukan untuk perawatan anti-aging, maka baru dapat digunakan untuk usia mulai dari 20 tahun.

Cara Penggunaan Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

  • Aplikasikan secara merata pada kulit wajah menggunakan ujung jari.
  • Bilas keesokan harinya, dan jangan lupa gunakan sunscreen.

Harga Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

ElsheSkin Rejuvenating Night Serum

ElsheSkin Rejuvenating Night Serum
https://elsheskin.com/

ElsheSkin Retinol Rejuvenating Night Serum mengandung 1% retinol terenkapsulasi, kompleks multi-peptida, niasinamida, ekstrak akar manis, asam hialuronat, PHA, dan SynHycanTM. Serum ini menawarkan 1 solusi untuk 8 permasalahan kulit seperti garus kerutan halus, age spots, kulit kendur, keriput, skin barrier yang rusak, kulit kering, flek hitam, dan kulit kasar.

Karena retinol telah terenkapsulasi, serum ini akan memberi hasil 85% lebih meremajakan wajah. Namun, kelemahan dari serum ini terletak pada aplikatornya. Yani pipet serumnya yang terlalu kecil sehingga sedikit kesulitan jika isinya tinggal sedikit.

Cara Penggunaan ElsheSkin Rejuvenating Night Serum

  • Teteskan serum sebanyak 5-6 tetes ke telapak tangan.
  • Usapkan secara merata ke permukaan wajah.
  • Pijat dan beri tepukan ringan hingga serum meresap dan kulit siap untuk beristirahat.

Harga ElsheSkin Rejuvenating Night Serum

Somethinc 1% Retinol

Somethinc 1% Retinol Serum
https://somethinc.com/

Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol mengandung Level-Up Encapsulated Retinol yang efektif dalam menyamarkan kerutan halus, membantu mengencangkan kulit, menjaga keremajaan dan kekenyalan kulit. Manfaat itu didapatkan dari retinol yang merupakan Gold Standard untuk Anti-Aging. Didukung dengan teknologi enkapsulasi, membuatnya lebih stabil dan memiliki efikasi 2x lebih efektif dari retinol biasa, tapi tetap gentle. Selain itu, serum ini mengandung 4-t-Butylcyclohexanol yang teruji secara klinis dapat meredakan gejala iritasi (burning dan stinging reaction) secara cepat.

Karena mengandung bahan aktif yang cukup kuat, maka penggunaan produk ini bersamaan dengan produk exfoliating lain tidak disarankan.

Cara Penggunaan Somethinc 1% Retinol Serum

  • Gunakan 3-5 tetes serum ke telapak tangan.
  • Tekan perlahan telapak tangan ke wajah yang telah dibersihkan dan tepuk-tepuk serum dengan gerakan ke luar dan ke atas sampai benar-benar merata ke wajah serta leher.
  • Tunggu selama 1-3 menit hingga produk terserap sepenuhnya.
  • Dapat digunakan setiap hari, pada malam hari.
  • Untuk pemula disarankan menggunakan produk selang satu hari ( hari 1, hari 3, dst) agar kulit lebih terbiasa.

Harga Somethinc 1% Retinol Serum

Bhumi HPR Retinol Serum

Bhumi HPR Retinol Serum
https://www.bhumi.co.id/

BHUMI HPR Retinol Serum merupakan serum anti-aging dengan kandungan 1% Hydroxypinacolone Retinoate (HPR) dan 1% Retinol, yang bekerja efektif dalam mencegah penuaan dini, menghilangkan tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan flek hitam, serta mencerahkan kulit wajah akibat hiperpigmentasi pada kulit. Hebatnya, serum ini bekerja tanpa membuat iritasi kulit.

Selain itu, Retinol Complex dalam serum ini merupakan formula yang stabil dan bertekstur lembut sehingga cocok untuk kulit wajah sensitif dan tidak menimbulkan iritasi. Kandungan tersebut meregenerasi kulit dengan cara yang jauh lebih baik dan aman dibandingkan jenis retinol yang lain. 

Dalam serum ini juga terakndung 2% Madu dan Camellia Flower Extract yang berperan penting untuk memperbaiki dan memperkuat lapisan kulit (skin barrier) serta bekerja sebagai anti-oksidan untuk melindungi kulit wajah dari radikal bebas dan polusi. 

Tak cukup itu, Prickly Pear Stem Extract, Wild Pansy dan 1% Ferulic Acid yang ada di dalamnya membantu produksi kolagen pada kulit sehingga wajah menjadi lembut dan sehat. Namun sayang, serum ini dilarang digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.

Cara Penggunaan Bhumi HPR Retinol Serum

Berbeda dengan serum lain yang biasanya ditetes, untuk menggunakan BHUMI HPR Retinol Serum cukup tekan 1-2 pump pada telapak tangan. Lalu aplikasikan pada kulit wajah dan leher hingga meresap.

  • Untuk pengguna pertama: Gunakan 2 hari dan jeda 1, pada satu minggu pertama di malam hari. Secara bertahap kamu dapat meningkatkan penggunaan jadi setiap hari di malam hari. Untuk hasil yang lebih baik, layer serum ini dengan Moisturizer atau Face Oil Bhumi.
  • Untuk pengguna retinol (Advanced): Kamu dapat menggunakan serum setiap hari di malam hari dan layer serum ini dengan Moisturizer atau Face Oil Bhumi.
  • Untuk kulit sensitif: Aplikasikan pada area di bawah nadi tangan atau area kulit wajah seukuran kecil (patch test) selama 2 hari berturut-turut. Jika tidak ada tanda-tanda sensitif seperti kemerahan atau gatal, BHUMI HPR Retinol Serum dapat digunakan pada kulit wajah seperti yang  diinstruksikan.

Harga Bhumi HPR Retinol Serum

The Ordinary Retinol 0.2% in Squalane

The Ordinary Retinol 0.2% in Squalane Serum
https://theordinary.com/

The Ordinary Retinol 0.2% di Squalane menawarkan solusi skincare bebas air yang mengandung 0.2% retinol, bahan aktif yang menyamarkan garis halus dengan meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Serum ini juga didukung dengan squalane, zat pelembap yang secara alami ditemukan di kulit untuk meningkatkan hidrasi tingkat permukaan kulit dan membantu memerangi kekeringan.

Manfaat dari serum ini adalah dapat menyamarkan dark sports, mengurangi dark circle dan sedikit mengurangi fine lines, menyamarkan pori-pori, membuat wajah glowing, sehat, cerah, dan meratakan warna kulit tanpa proses purging, serta tidak membuat kulit kering, tapi justru melembapkan.

Sayang, PAO produk ini hanya 3 bulan sehingga sebaiknya rutin digunakan. Produk pun sebaiknya disimpan di suhu sejuk seperti lemari es sehingga tidak direkomendasikan untuk dibawa bepergian.

Cara Penggunaan The Ordinary Retinol 0.2% in Squalane

Oleskan sedikit ke wajah di malam hari sebagai bagian dari regimen perawatan kulit, setelah serum air tetapi sebelum perawatan yang lebih berat. Untuk itu, hindari menggunakan perawatan retinoid lainnya.

Hindari paparan sinar matahari secara langsung dan simpan produk di tempat yang sejuk dan kering.

Harga The Ordinary Retinol 0.2% in Squalane

Implora 1% Liporetinol Serum

Implora 1% Liporetinol Serum
https://www.implora.co.id/

Implora 1% Liporetinol Serum mengandung 1% Liporetinol, Calendula Officinalis Flower Extract, Licorice Extract, dan Allantoin yang membantu menyamarkan tanda penuaan, mencerahkkan serta membantu meningkatkan sintetis kolagen sehingga kulit wajah tampak lebih kenyal dan sehat alami.

Produk ini direkomendasikan untuk semua jenis kulit dan dapat digunakan, baik di pagi maupun malam hari. Kekurangan dari serum ini yakni tidak dapat digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

Cara Penggunaan Implora 1% Liporetinol Serum

  • Tuangkan serum 2-3 tets ke seluruh wajah.
  • Ratakan dan tepuk-tepuk wajah setelah mengaplikasikannya.

Harga Implora 1% Liporetinol Serum

Erto’s Retinol Serum

Erto’s Retinol Serum
Instagram @ertos

Erto’s Retinol Serum mengandung retinol yang mampu menyamarkan garis halus dan kerutan serta meningkatkan penampilan tekstur dan warna kulit yang tidak merata. Selain itu, serum ini juga mengandung vitamin B3 sebagai soothing agent yang dapat membuat kulit lembut, kenyal, dan menjaga kelembapan kulit.

Tak hanya itu, terdapat kandungan glycerin yang menjaga kelembapan serta mencegah kulit kehilangan kelembapan. Singkatnya, serum ini merupakan jawaban untuk kulit kusam, kulit dengan garis halus dan kerutan, kulit dengan tanda penuaan dini, kulit bernoda hitam, dan kulit yang bertekstur kurang halus.

Serum retinol dari Erto’s ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, tapi tidak boleh digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Cara Penggunaan Erto’s Retinol Serum

  • Pagi sebelum menggunakan sunscreen dan beraktivitas.
  • Malam sebelum tidur dan beristirahat.

Harga Erto’s Retinol Serum

Apa Perbedaan Retinol vs Retinoid?

Sebenarnya retinol merupakan salah satu jenis retinoid. Baik retinol maupun retinoid, keduanya merupakan turunan kimia dari vitamin A yang penting untuk tubuh dan bermanfaat untuk kulit. Salah satu fungsinya adalah meningkatkan produksi kolagen dan mengatasi jerawat.

Mengenal Retinoid

Jika kamu tak asing dengan retinol yang ada pada skincare, maka kamu juga perlu berkenalan dengan retinoid. Retinoid adalah kelompok obat derivat vitamin A yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit. Misalnya, untuk mengatasi jerawat dan merawat kecantikan. Jenis retinoid tertentu bahkan dapat digunakan dalam pengobatan kanker.

Perbedaan retinol dan retinoid terletak pada kekuatannya. Kandungan retinol cenderung lebih ringan di kulit dan dapat dijual bebas. Maka dari itu, retinol aman digunakan sebagai bahan aktif dalam produk skincare.

Sedangkan, retinoid memiliki efek yang jauh lebih kuat dan untuk pemakaiannya pun harus menggunakan resep dokter. Meski demikian, salah satu jenis retinoid, yaitu adapalene 0,1% tersedia di pasaran. Sedangkan salah satu jenis retinoid yang disebut tretinoin mengandung asam retinoat tertinggi yang digunakan di bidang dermatologis untuk mengobati jerawat atau penyakit kulit lainnya.

Salah satu jenis produk retinoid yang sering kita jumpai adalah salep atau krim retinoid, misalnya Vitacid (Retinoic Acid) yang dapat dibeli di apotek sebagai obat jerawat. Namun, pemakaian krim atau salep ini harus dengan resep dokter karena merupakan obat yang memiliki bahan aktif kuat.

Jadi Serum Retinol Mana Yang Akan Kamu Pilih?

Retinol merupakan salah satu bahan aktif turunan dari vitamin A yang sering ditemukan dalam skincare dan bermanfaat sebagai anti-aging dan dapat mengatasi masalah jerawat. Termasuk dalam golongan retinoid, retinol cenderung lebih ringan dan aman digunakan untuk kulit dibandingkan dengan retinoid yang harus menggunakan resep dokter.

Produk yang mengandung retinol disarankan tidak digunakan oleh ibu hamil dan menyusui karena dapat berisiko tinggi pada bayi. Selain itu, produk ini baru dapat digunakan oleh yang sudah berusia 20 tahun.

Kamu dapat menemukan kandungan retinol pada berbagai produk, mulai dari facial wash hingga masker. Namun, biasanya retinol ditemukan di produk serum yang berfungsi sebagai booster dalam pemakaian skincare. Pilih serum retinol sesuai dengan kondisi kulitmu dan hentikan pemakaian jika ternyata memberi efek yang tidak baik untuk kulit.